contoh analisis jurnal internasional tentang pendidika
Review
Jurnal Intervensi Person- jurnal 1
Judul
|
Taking working memory training from the
laboratory into schools
|
Jurnal
|
Journal Educational
Psychology
|
Volume
& Halaman
|
Vol.10.1080
, Hal.1-6
|
Tahun
|
2013
|
Penulis
|
Joni Holmes* and Susan Elizabeth Gathercole
|
Reviewer
|
Mohammad
Nur Shobirin (6101415085)
|
Tanggal
|
11 April
2013
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan
utama dari penelitian ini adalah untuk menilai apakah pola generalisasi yang sama dengan tugas memori
yang tidak terlatih terjadi saat Pelatihan diimplementasikan oleh seorang
guru
|
Subjek
Penelitian
|
Ke 22 anak-anak
dalam kelas Kemampuan campuran kelas 4 (rata-rata berusia 8 tahun 8 bulan, SD
= 4,12, 10 anak laki-laki) yang menghadiri sekolah dasar di Selatan Inggris
berpartisipasi dalam pelatihan. Tidak ada anak yang dicegah berpartisipasi
karena visual, motor atau masalah pendengaran Prosedur Staf komputasi sekolah
memasang perangkat lunak CWMT dan anggota penelitian Tim yang memenuhi syarat
dalam penyelenggaraan program disediakan empat jam pelatihan untuk dua
anggota staf. Murid dilatih dalam kelompok tunggal 22 orang anak-anak di
sekolah IT suite di awal setiap hari sekolah, dan diawasi oleh guru kelas
mereka dan asisten kelas. Anak yang berpartisipasi dinilai secara individual
berdasarkan delapan tugas memori kerja standar oleh anggota tim peneliti,
baik sebelum maupun sesudah pelatihan. Peneliti melakukan penilaian ini buta
terhadap intervensi. Dua anak tidak hadir untuk tes pasca latihan Persetujuan
etis diperoleh melalui University of York Komite Etika Psikologi dan
persetujuan untuk partisipasi diperoleh dari orang tua / wali, anak-anak dan staf
sekolah sebelum persidangan dimulai
|
Metode
Penelitian
|
Eksperimen
dengan satu klompok yang terlatih namun dengan nilai terendah dan juga
kelompok yang tidak terlatih.
|
Definisi
Operasional Variabel Dependen
|
Variabel
dependen dalam penelitian ini adalah anak yang sudah terlatih
· Fokus dari penelitian ini adalah
pada efek pelatihan kognitif terhadap memori kerja, sistem kognitif yang
tampaknya memainkan peran penting dalam pembelajaran akademis (misalnya
Gatherole, Brown, & Pickering, 2003; Geary, Hoard, Byrd-Craven, & De
Soto, 2004; Swanson & Siegel, 2001).
|
Cara &
Alat Mengukur Variabel Dependen
|
Cara dan
alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:
·
Dua tes dari
masing-masing aspek memori kerja digunakan sebelum dan sesudah latihan:
memori jangka pendek verbal (recall Digit dan recall kata), memori jangka
pendek visuo-spasial (Dot matriks dan recall blok), memori kerja verbal
(recall mundur ke belakang dan Menghitung daya ingat) dan memori kerja
visuo-spasial (Mr X dan recall Spasial).
|
Definisi
Operasional Variabel Independen
|
Variabel
independen dalam penelitian ini adalah yang tidak terlatih
Yaitu:
Pada anak-anak dengan
memori kerja yang buruk, pelatihan Cogmed meningkatkan daya ingat agar bisa
mencapai rentang usia rata-rata untuk sebagian besar anak-anak, dan
keuntungannya. bertahan setidaknya enam bulan setelah pelatihan dihentikan
(Dunning, Gathercole, & Holmes, 2012; Holmes, Gathercole, & Dunning,
2009).
|
Langkah-langkah
Terapi
|
Langkah-langkah
yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
anak-anak menyelesaikan 20-25 sesi
pelatihan, diadopsi. Di setiap sesi, anak-anak dilatih pada delapan
tugas memori kerja berbasis komputer yang berbeda, menyelesaikan total 120
percobaan per sesi. Kesulitan dalam tugas pelatihan disesuaikan dengan
kemampuan anak saat ini berdasarkan uji coba peradilan. Programnya termasuk
sejumlah fitur motivasi dan penghargaan untuk meningkatkan kepatuhan, yang
mencakup umpan balik verbal positif yang sering, daftar skor tinggi untuk
setiaprelevan
|
Hasil
Penelitian
|
Lebih dari 90% peserta berhasil
menyelesaikan pelatihan standar proto col; 80% biasanya menyelesaikan ini
dalam percobaan eksperimental terkontrol (misalnya, Holmes et al., 2009).
Satu sampel t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai CI untuk anak di
Indonesia Percobaan ini tidak berbeda secara signifikan dengan yang
dilaporkan dalam uji coba penelitian; p> 0,05 bila dibandingkan dengan
rata-rata CI 24 (Bennett, Holmes, & Buckley, 2013; Holmes dkk., 2009,
2010). Nilai CI tidak berbeda secara signifikan untuk anak-anak yang
menggunakan sesi latihan P20 atau <20, t (18) = 1,230 dan p = 0,245.
Selain itu, disana Tidak ada hubungan yang signifikan antara jumlah sesi yang
diselesaikan dan Keuntungan pada tugas pelatihan yang diukur oleh CI (p>
0,05). Atas dasar ini, semua anak diikutsertakan dalam analisis selanjutnya
terlepas dari jumlah ujian yang diselesaikan.
|
Kekuatan
Penelitian
|
Kekuatan
penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner
cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan
datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.
|
Kelemahan
Penelitian
|
Kelemahan
penelitian ini adalah Uji coba ini tidak memberikan bukti adanya manfaat
pelatihan di bawah kondisi sebenarnya dimana akan digunakan
|
Review
Jurnal Intervensi Person- jurnal dua
Judul
|
Comparing Learning From Observing
and From Human Tutoring.
|
Jurnal
|
Jurnal of Educational Psychology
|
Volume
& Halaman
|
Vol.10.1037/a0034448 Hal.1-9
|
Tahun
|
2013
|
Penulis
|
Kasia Muldner, Rachel
Lam, and Michelene T. H. Chi
|
Reviewer
|
Mohammad
Nur Shobirin (6101415085)
|
Tanggal
|
14 Oktober
2013
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan
utama dari penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar dengan
metode sendiri atau les, dengan metode belajar dengan mengamati orang lain
belajar (yaitu, dengan melihat tutorial dialog antara tutor dan tutee).
|
Subjek
Penelitian
|
Peserta
dan persiapan guru. Dua dari lima tutor direkrut dari jurusan matematika dan
sains sebuah universitas negeri besar di barat daya Amerika Serikat melalui
selebaran dan pertemuan informasi. Kedua tutor itu mengajar dan pengalaman
tutor satu lawan satu (2 tahun). Tiga tutor lainnya adalah
anggota laboratorium penelitian kami, termasuk psikologi senior siswa
(dengan pengalaman les yang terbatas), seorang mahasiswa pascasarjana di psikologi
pendidikan (dengan 10 tahun mengajar dan les pengalaman),
dan mahasiswa pascasarjana dalam pendidikan sains (dengan 2 tahun
pengalaman les). Tutor diberi kompensasi $ 30 untuk partisipasi. Peserta peserta Peserta didik adalah
mahasiswa universitas (N 50),
|
Metode
Penelitian
|
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan perlakuan
les dan tutorial.
|
Definisi
Operasional Variabel Dependen
|
Variabel
dependen dalam penelitian ini adalah les dan belajar sendiri
· .Keputusan ini didasarkan
pada pengamatan berulang dari pilot evaluasi menunjukkan bahwa ketika siswa
dapat berinteraksi dengan hal ini jenis simulasi, mereka tidak menggunakannya
secara efektif (mis. gagal gunakan sama sekali atau dimanipulasi fitur yang
tidak relevan; Muldner, Dyb vig, Lam, & Chi, 2011).
·
\\\
|
Cara &
Alat Mengukur Variabel Dependen
|
Cara dan
alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:
(1) teks difusi dua halaman, (2) pretest
difusi dan posttest, (3) dua simulasi difusi, (4) buku kerja difusi,
|
Definisi
Operasional Variabel Independen
|
Variabel
independen dalam penelitian ini adalah tutorial.
·
Disini kita jelajahi siswa belajar
tentang proses penyebaran difusi yang muncul dalam tiga konteks terstruktur,
dan khususnya utilitas pedagogis dari mengamati dialog tutorial untuk domain
ini. Seperti yang dijelaskan Di atas, dialog tutorial mendorong interaksi
siswa (Craig et al., 2009),
|
Langkah-langkah
Terapi
|
Langkah-langkah
yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
1. Partici pants pertama membaca
teks difusi (background phase) dan kemudian menyelesaikan pretest difusi
2. Setelah pretest, peserta
Selesaikan buku kerja difusi sesuai dengan kondisi masing-masing prosedur dan
kemudian mengisi posttest difusi (pra-dan posttest dilakukan secara
individual). Dengan waktu 2 jam.
3. Untuk kondisi les, seorang siswa
bekerja dengan seorang tutor di sebuah ruangan pribadi untuk menjawab
pertanyaan di buku kerja (rincian tentang sesi ini di atas dalam Video
Instrumentasi sec tion).
4. . Setiap video diamati oleh tepat satu
pasangan mahasiswa di sebuah kamar pribadi. Siswa melihat video di komputer
desktop menggunakan media player VLC (www.videolan.org/vlc/) dan diberi
gambaran singkat tentang VLC di awal sesi untuk memastikan mereka bisa
menggunakan pemutar dengan benar.
|
Hasil
Penelitian
|
menunjukkan mean dan standar deviasi untuk pretest,
posttest, dan mendapatkan nilai pada setiap kondisi. Analisis dari varians
(ANOVA) dengan data pretest tidak menunjukkan signifikan perbedaan antara
kondisi, F (2, 47) 0,05, hal 95. Itu Persentase pretest rata - rata dalam
tiga kondisi berkisar antara 55,2% sampai 57,0% (lihat Tabel 1), menyoroti
bahwa beberapa siswa memiliki beberapa pengetahuan difusi tapi pengetahuan
ini sangat terbatas bahkan setelah membaca teks difusi.
|
Kekuatan
Penelitian
|
Kekuatan
penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner
cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan
datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.
|
Kelemahan
Penelitian
|
Kelemahan
penelitian ini adalah , transfer yang disesuaikan skor
posttest lebih rendah dari nilai posttest yang serupa; transfer Skor pretest
juga lebih rendah dibandingkan skor pretest yang sama. Jadi, meskipun
kriteria kami untuk menentukan apakah sebuah pertanyaan adalah salah satu
transfer atau tidak tergantung pada apakah itu tertanam dalam a Konteksnya
mirip dengan yang digunakan dalam bahan ajar, semakin rendah skor pretest
keseluruhan kondisi untuk pertanyaan transfer juga menunjukkan bahwa
pertanyaan-pertanyaan ini sebenarnya lebih sulit.
|
Review
Jurnal intervensi person jurnal tiga
Judul
|
guided
retrieval practice of educational materials using automatic scoring.
|
Jurnal
|
Journal Educational
Psychology
|
Volume
& Halaman
|
Vol.10.
1037 , Hal.1-6
|
Tahun
|
2013
|
Penulis
|
Phillip J. Grimaldi and Jeffery D.
Karpicke
|
Reviewer
|
Mohammad
Nur Shobirin (6101415085)
|
Tanggal
|
24 Juni
2013
|
Tujuan
Penelitian
|
Tujuan
utama dari penelitian ini adalah untuk memudahkan pengajar dalam menerapkan
strategi yng efektif dalam pembelajaran dan mengidentifikasi masalah yang
terjadi saat proses pembelajaran berlangsung dan tindakan yang dilakukan
dalam menangani permasalahan tersebut.
|
Subjek
Penelitian
|
subjek dan
desain secara total penelitian ini adalah 68 universitas PORDUE dibawah
mahasiswa Pascasarjana gyang berpartisipasi dalam penelitian 1A dan 1B siswa
diikutsertakan dalam
kursus pengantar psikologi. Usia siswa
berkisaran 18- 42 tahun meski hanya dua siswa yang berusia diatas 23 tahun
dan rata-rata berusia 19 dan 19.5 tahun pada percobaan 1A dan 1B. . Dua puluh delapan siswa
berpartisipasi dalam Exper iment 1A, dengan 14 ditugaskan untuk kondisi
retrieval berulang dan 14 ditugaskan untuk kondisi belajar yang berulang.
Empat puluh siswa diikutsertakan dalam Percobaan 1B, dengan 20 ditugaskan
untuk pengambilan berulang kondisi dan 20 ditugaskan untuk kondisi belajar
yang berulang
|
Metode
Penelitian
|
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilaakukan
kepada mahasiswa dengan perlakuan 1A dan 1B
|
Definisi
Operasional Variabel Dependen
|
Variabel
dependen dalam penelitian ini adalah pada eksperimen perlakuan 1B
· siswa berulang kali bergantian antara periode
belajar dan mengingat (Karpicke, 2009; Karpicke & Bauernschmidt, 2011).
· Setelah atribut diingat dengan benar,
diberi dua percobaan penarikan kembali tambahan (retrieval retrieval) atau
dua studi tambahan percobaan (studi berulang; Karpicke, 2009; Karpicke &
Smith, 2012).
|
Cara &
Alat Mengukur Variabel Dependen
|
Cara dan
alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:
·
menggunakan
Quick score yang ada dalam software komputer
|
Definisi
Operasional Variabel Independen
|
Variabel
independen dalam penelitian ini adalah pada perlakuan 1A.
·
hampir sama dengan
perlakuan 1B namun disini tidak ada perlakuan lebih lanjut. siswa berulang
kali bergantian antara periode belajar dan mengingat (Karpicke, 2009;
Karpicke & Bauernschmidt, 2011).
|
Langkah-langkah
|
Langkah-langkah
yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
1. sebelumnya semua siswa baik yang
mendapatkan perlakuan 1A maupun 1B sudah belajar Anatomi terlebih dahulu
2. Siswa diuji dalam kelompok kecil
hingga pada suatu
waktu. Selama fase pembelajaran awal, siswa belajar satu daftar (Eksperimen
1A) atau dua daftar (Percobaan 1B) atribut otot dengan bergantian antara
periode belajar dan mengingat. Selama belajar periode, masing-masing atribut
disajikan di layar satu per satu untuk belajar
3. Setelah selesai belajar, mereka mengklik tombol berlabel
"next" untuk maju ke sidang berikutnya Selama periode recall, isyarat pengambilan
disajikan dipusatkan di bagian atas layar dengan kotak masukan teks langsung
di bawahnya. Siswa diinstruksikan untuk mengingat sebanyak atribut sebagai
mungkin dengan mengetikkan ke kotak respon. Lalu klik tombol nex untuk
tahap berikutnya
4. kalau fase awal disusun sesuai
urutan sekarang disusun secara acak.
5. dilakukan pengulangan baik fase awal dan
fase kedua
6. setelah dua hari peserta melakukan tes
ulang untuk ujian ahir
|
Hasil
Penelitian
|
Semua hasil signifikan pada tingkat 0,05 kecuali jika tidak
menyatakan. Penilaian mandiri Semua tanggapan dari tahap pembelajaran dan tes
terakhir dilakukan oleh dua penilai independen. Setiap respon dinilai
benar (1 poin), sebagian benar (0,5 poin) atau salah (0 poin). Kedua penilai
menyetujui 98% dari nilai mereka Percobaan 1A dan 96% skor dalam Percobaan
1B. Untuk tanggapan di mana kedua penilai tidak setuju, penilai ketiga
(Percobaan 1A) atau penulis pertama (Percobaan 1B) memberikan suara
keputusan.
|
Kekuatan
Penelitian
|
Kekuatan
penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa eksperimen
cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian karena dalam pengambilan datanya
hanya dalam tiga hari dengan tahap preetes, perlakuan yang hanya dalam sehari
dan dua hari untuk ujian ahir.
|
Kelemahan
Penelitian
|
Kelemahan
penelitian ini adalah rentan waktu perlakuan yang hanya sebentar, dan juga
untuk penilaian masih terjadinya eror sistem pada Quick sccore.
|
Komentar
Posting Komentar